Kirab Pemuda Selama di Jambi, Menpora RI: Ramah dan Luar Biasa

28 September 2018

Asisten I Setda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi Apani secara resmi melepas peserta Kirab pemuda menuju ke titik singgah ketujuh Sumatra Selatan (Sumsel) Palembang, Jum'at malam (28/9/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Kapasitas Pemuda Kementria Pemuda dan olahraga (Kemenpora) RI, Khairil Adha mewakili Menpora RI mengapresiasi atas pelayanan dan penyambutan Pemprov Jambi terhadap kedatangan kirab pemuda yang menurutnya nol kesalahan sama sekali.

"Provinsi Jambi sangat luar biasa dilayani dengan sangat baik, khususnya kepada Kepala Dinas Dispora kami ucapakan terimahkasih, karena perfect nol kesalahan," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih ke Polda Jambi dan Danrem 042/Gapu yang telah mengamankan peserta kirab pemuda selama di Jambi. Bahkan mengawal dengan senjata laras lengkap, layaknya pejabat negara.

 "Ini sangat luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi kami dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, dengan laras panjang yang lengkap lalu juga Intel dimana mana, mereka seperti duta bangsa, di provinsi provinsi sebelumnya ada tapi tidak sesempurna di Provinsi Jambi," terangnya.

Selanjutnya kepada orang tua asuh yang telah menjadi orang tua angkat selama peserta kirab pemuda tinggal di rumah warga serta berbaur bersama masyarakat Seberang Kota Jambi, Khairil juga menyatakan terimahkasih.

 "Orang tua asuh, mereka peserta kirab seperti di rumah sendiri, masakanya, dan ketika adik adik pulang malam juga tetap dilayani dengan baik, ngopi-ngopi dan itu saya melihat langsung," jelasnya.

Dirinya berharap, apa yang didapat selama di provinsi Jambi ini agar dapat ditanamkan bagi para peserta kirab pemuda. Ketika nanti menyambut kedatangan tamu, sekalipun berbaur dengan masyarakat dan terhadap orang tua asuh.

"Saya perintahkan seperti itu, kepada adik adik kirab pemuda, mudah mudahan mereka dapat menimbah ilmu dari itu bahkan lebih ketika nanti mereka menjadi pemimpin," ujarnya.

Khairil menambahkan, untuk para pemuda pemuda provinsi Jambi, kirab pemuda dan pemuda nasional agar dapat terkoneksi dengan baik, terjalin saling melengkapi karena semua saling membutuhkan dalam membangun bangsa dan tanah air.

"Begitu juga dengan menyampaikan aspirasi, silahkan berdemo, tetapi dengan cara yang baik, jangan anarkis dan berdialog lah dengan penentu kebijakan, karena sekarang zamannya komunikasi," jelasnya.

Dimana sebelumnya, Kadiskepora Provinsi Jambi Wahyuddin menambahkan bahwa kegiatan kirab Pemuda telah dilaksanakan dari tanggal 25 sampai dengan 29 September 2018 dengan baik, sukses dan lancar tanpa mengalami suatu hambatan sekecil apapun.

"Suksesnya penyelenggaraan kegiatan tersebut berkat adanya kerjasama yang baik antara panitia pelaksana dan semua pihak yang terkait, sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah selesai dilaksanakan pada acara kirab Pemuda 2018 di Provinsi Jambi pertama yaitu, pembukaan Festival Tari dan busana etnik dan deklarasi Pemuda serta pembukaan pameran kuliner.

"Deklarasi Pemuda, pameran kuliner Festival Tari dan busana etnik Jambi, penampilan grup band Pemuda Jambi, seminar hari remaja internasional, kunjungan ke rumah dinas Walikota Jambi," tambahnya.

Rangkaian kegiatan kirab pemuda dan juga dilaksanakanya pawai budaya, senam jago Negeri, mengelar workshop tentang narkoba dan LGBT, Salat Jumat berjamaah di Masjid Raya Muara Jambi, kunjungan ke rumah dinas Bupati Muara Jambi dan bakti sosial pemuda di lingkungan Candi Muaro Jambi.

"Kemudian mereka kembali ke home stay, dan makan malam sekaligus pelepasan peserta kirab Pemuda 2018 di rumah dinas Gubernur Jambi. Selama penyelenggaraan kegiatan berlangsung, seluruh peserta selalu berada dalam keadaan sehat walafiat dan tak kurang satu apapun juga," pungkasnya.(afm)

@ Jambi City