Final Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2018

Minggu Tanggal 15 April 2018

Mewakili Plt. Gubernur Jambi, Asisten II bidang Kesejahteraan Sosial, Ir. Agus Sunaryo didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi Drs. H. Wahyuddin, M.Pd Menghadiri acara malam final Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Hotel Grand Abadi Jambi dan dari 56 (lima puluh enam) Orang peserta Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 telah terpilih 2 (dua) Orang Perwakilan untuk Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang (Putri), Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1 orang (putra). 

Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan progam tahunan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dan program pengembangan potensi generasi muda untuk menambah khasanah pengetahuan dan wawasarn serta mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang. 

Tujuan kegiatan pertukaran pemuda antar negara ini adalah untuk mempererat persahabatan dan kerjasama pemuda dengan negara sahabat,meningkatkan rasa saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat, menciptakan generasi muda yang berwawasan internasional, dan yang paling penting memberikan peluang kepada generasi muda untuk menciptakan jaringan informasi dan komunikasi dengan negara sahabat.

Program ini sangat membutuhkan keseriusan, mental, fisik dan pengetahuan khususnya mengenai Provinsi Jambi. Seorang duta juga dituntut untuk memiliki talenta dan kemampuan berbahasa inggris untuk dapat berinteraksi di negara luar. Untuk itu para calon tentunya wajib mengetahui seluk beluk baik itu terkait pariwisata, sosial budaya, program pemerintah, bahasa dan lain sebagainya. Seorang yang menjadi duta nantinya diharapkan mampu mewakili Provinsi Jambi dan mempromosikan Promosi Jambi termasuk potensi, budaya pariwisata Provinsi Jambi.

Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya Kegiatan Seleksi Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara Tahun 2018 ini. Saya berharap kegiatan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda terhadap pentingnya pembangunan yang terus berkesinambungan secara merata, sesuai dengan Visi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera.

Berdasarkan Surat Kementerian Pemuda dan Olahraga nomor 2.28.2/ DI-5/ll/2018 tanggal 28 Februari 2018 perihal Seleksi Calon Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2018 maka Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi mengadakan pemilihan Calon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) utusan Provinsi Jambi Tahun 2018, dengan tujuan untuk mendapatkan Calon peserta PPAN yang sehat jasmani dan rohani berkemampuan, berkepribadian baik dan berakhlak mulia.

Sasaran, Waktu dan Tempat Jumlah Alokasi Peserta Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 adalah 3 Negara, yaitu 
  • Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) sebanyak 1 orang(Putri). 
  • Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) sebanyak 1 orang (putra) dan
  •  ASEAN- Indica Students Exchange Program (AISEP) sebanyak 1orang (putra). 
Untuk Program AISEP pesertanya langsung diambil dari hasil seleksi tahun 2017 yang peserta cadangan, karena permintaan peserta program AISEP kita terima tanggal 27 Maret 2018 sedangkan batas akhir penyerahan berkas peserta tanggal 5 April 2018 jam 12.00 siang lewat dari batas itu berkas tidak dapat diterima lagi.

Sedangkan jumlah Peserta Seleksi Peserta Program PPAN ini diikuti sebanyak 56 (lima puluh enam) Orang peserta. Penyelenggaraan SeleksiCalon Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 12 s.d 15 April 2018 bertempat di Hotel Royal Garden JIn. Marsda Surya Darma No. 99 Kenali Asam Bawah Kota baru Jambi untuk Babak penyisihan dan Hotel Grand Abadi Jambi pada acara Final. Seleksi Calon Peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2018 dilaksanakan oleh Tim Seleksi dari Dinas/instansi terkait, yaitu: 
  1.  Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Jambi. 
  2. Psikolog Jambi 
Sedangkan materi seleksi terdiri dari :
  • Community Development/ Pemberdayaan Masyarakat - 
  • Bidang Agama - 
  • Bidang Psikologi - 
  • Bahasa Inggris - 
  • Kemampuan Komunikasi (tertulis dan Wawancara) - 
  • Seni Budaya - Bidang Akademik/Tes Potensi Akademik 
DSPORAJAMBIMTV2018