Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018

Pembangunan olahraga yang terus digalakkan memerlukan adanya proses pembinaan yang berkesinambungan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Tidak hanya pembinaan olahragawan, tenaga keolahragaanpun memerlukan adanya pembinaan yang komprehensif agar tercipta tenaga keolahragaan yang memiliki kompetisi unggul Dengan demikian akan tercipta sebuah proses pembinaan yang semakin membaik, yang salah satunya ditandai dengan semakin kompetitifnya output yang dihasilkan.

Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan telah menjadi komitmen nasional dalam rangka pembangunan jangka panjang. Oleh karena itu berbagai kegiatan yang dipandang memiliki dampak signifikan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan perlu terus dikembangkan.

Tenaga keolahragaan merupakan elemen yang sangat penting dalam menciptakan olahragawan yang dapat bersaing pada berbagai level kejuaraan olahraga.

Oleh karena itu tenaga keolahragaan perlu diberikan pembekalan berbagai disiplin ilmu yang komprehensif dan terbaru mengingat begitu pesatnya perkembangan ilmu dan pengetahuan keolahragaan.

Jika hal ini tidak dilakukan maka akan dipastikan bahwa prestasi olahraga nasional akan semakin tertinggal dari negara-negara lain yang sudah menggunakan pendekatan keilmuan terbaru.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Olahraga Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga memprogramkan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 yang Bertujuan untuk

1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga keolahragaan

2. Untuk meningkatkan wawasan kepelatihan olahraga bagi pelatih dan asisten pelatih cabang olahraga dalam membina atletnya menjadi atlet yang handal di kemudian hari.

3. Mensosialisasikan bentuk pelatihan yang terbaik

Agar Terwujudnya tenaga keolahragaan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam membina atletnya di lapangan.

Peserta pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 sebanyak 70 (tujuh puluh) orang, terdiri dari
pelatih/asisten pelatih PPLP, tenaga keolahragaan dari pengprov, club olahraga dan pelatih olahraga di Sekolah.

Materi yang diajarkan pada pelatihan ini terdiri dari
1. Kebijakan Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan
2. Program 100.000 Orang Pelatih dan Instruktur
3. Dasar-dasar Kepelatihan
4. Manajemen Pengelolaan Olahraga
5. Pendampingan Pembuatan Program Pelatih
6. Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaar
7. Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Pembinaan Olahraga di
Provinsi Jambi
8. Revolusi Mental
9. Peran dan Fungsi Pelatih
10. Cedera dan Rehabilitasi
11. Motorik
12. Perencanaan Latihan
13. Tes dan Pengukuran Olahraga
14. Peningkatan Kondisi Fisilk
15. Aktivitas Out Door

Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Tahun 2018 dilaksanakan selama 4 (empat) hari, dari tanggal 10 s.d. 13 Mei 2018 di Badan Pengembangan SDM Provinsi Jambi.