Napak Tilas Jejak Pahlawan di Kabupaten Tebo

Setelah dibuka secara resmi dan diangkatnya bendera start, ratusan pemuda se Provinsi Jambi memulai napak tilas jejak pahlawan di kabupaten Tebo hingga kembali ketitik finis di lapangan merdeka.

Agenda berlangsung selama 3 hari yakni mulai 12 hingga 14 Oktober 2018 kemarin dalam rangka memperingati hari pahlawan.
Kepala Bidang Pemuda (Kabid) Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Jambi Izuddin mengatakan, mereka bersama ratusan pemuda melintasi jejak pahlawan Sultan Thaha.

Selama menginap di rumah warga, Izuddin mengaku peserta napak tilas dilayani dan disambut dengan baik oleh warga disana hingga terciptalah rasa persatuan dalam bersama masyarakat.

"Selama disana peserta ikut gotong royong dan melakukan bakti sosial merehab yang perlu diperbaiki di Masjid Tuo Mangun Jaya, ikut serta tokoh masyarakat dan satuan dari TNI," katanya.

Bukan hanya peserta napak tilas saja, namun TNI, Tokoh Masyarakat, dan Lembaga Adat juga turut hadir berbaur dalam memberikan pencerahan kepada pemuda, tentunya mereka mendapat wawasan mengenai sejarah pahlawan yang melintas di jalur Batang Tebo dan Mangun Jaya.

"Disana juga para pemuda yang ikut, selain untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, mereka juga dari sebelas kabupaten kota ini mendapat wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah pahlawan nasional Jambi," jelasnya.

Diharapan, para peserta atau pemuda Jambi yang mewakili setiap kabupaten kota dalam agenda napak tilas jejak pahlawan dapat merasakan serta menjiwai bagaimana menghargai bagaimana perjuangan- perjuangan para pahlawan.

"Karena kenapa, selain mereka dapat menyatu, pemuda lah nantinya akan melanjutkan tongkat estafet pemimpin kedepan, dan harus siap membangun karakter para pemuda kearah yang positif serta turut berkontribusi untuk membangun daerah, bangsa dan negara Indonesia," tambahnya.

Izuddin juga mengapresiasi seluruh unsur Forkompinda Kabupaten Tebo, dimana telah menyambut baik serta mensukseskan agenda napak tilas jejak pahlawan, sekaligus bertepatan dengan waktu HUT Kabupaten Tebo.

"Acara dibuka langsung oleh Bupati Tebo Pak Sukandar, wakil juga hadir, TNI, Polri dan setiap kepala kepala OPD, alhamdulillah, kami ucapakan terimahkasih," pungkasnya.

Dalam penutupan juga hadir, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Provinsi Jambi dan jajaran serta perwakilan dari Menpora RI.(afm)